Umum

Budidaya tanaman langka karet kebo

23 February 2020

Pohon adalah unsur penting dalam kehidupan kita. Untuk itu keberadaan pohon disekitar kita harus dijaga dengan baik karena dengan lingkungan yang baik akan menghasilkan udara yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Sebagai sekolah yang mengedepankan lingkungan yang baik SMPN 2 Karangnongko berupaya untuk menumbuhkan dan menjaga keberadaan tanaman di lingkungan sekolah. Salah satunya tanaman karet kebo yang merupakan tanaman langka. 

Terdapat beberapa tanaman karet kebo di lahan sekolah SMPN 2 Karangnongko yang menambah keasrian lingkungan sekolah. Tanaman karet kebo memiliki manfaat untuk menghasilkan udara yang baik untuk lingkungan. Tanaman Karet Kebo cukup mudah untuk  dikembangkan. Tanaman ini bisa ditanam di dalam pot ataupun ditempatkan di tempat terbuka untuk pembersih udara. Sifat tanaman karet kebo yang mudah dalam perawatan memungkinkan tanaman ini dapat tumbuh di berbagai kondisi.

Tanaman Karet Kebo bisa tinggi 4-7 meter dengan daun lebar dan kuat, batangnya bergetah. Tidak menghasilkan bunga yang begitu bagus, tetapi kuncup dan daunnya dengan warga coklat kemerahan cukup menarik mata.

Tanaman karet kebo juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tanaman karet kebo memiliki ciri daun yang besar dan lebar, yang daunnya berwarna merah hati saat muda dan berwarna hijau tua saat daunnya dewasa.

Tanaman karet kebo memiliki banyak manfaat diantaranya dapat mengatasi penyakit stroke, rematik, maag, berbagai bentuk masalah penyakit kulit dan juga membantu proses peredaran darah di dalam tubuh agar lancar.