Umum

SMK N 1 PRINGSURAT, TEMANGGUNG STUDY BANDING PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP N 2 KARANGNONGKO

24 December 2021

Kamis, 23 Desember 2021, seluruh warga SMP N 2 Karangnongko menyambut TIM Studi banding SRA  (Sekolah Ramah Anak) dari SMK Negeri 1 Pringsurat, Temanggung . TIM SRA SMK N 1 Pringsurat jauh-jauh dari temanggung ingin menimba ilmu tentang Sekolah Ramah Anak, Sekolah Sehat dan Sekolah Adiwiyata. Dikarenakan jauh mereka hanya datang berempat. Mereka adalah para wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan dan TIM Sekolah Ramah anak. Mereka membawa misi yang besar. Karena setelah sesampainya di sekolahnya, mereka harus mendiseminasikan studi banding yang telah di dapat dari SMPN 2 Karangnongko untuk di implementasikan pada instansinya.

1

2

3

Banyak hal yang ingin dipelajari khususnya tentang manajemen SDM dalam pengelolaan sekolah ramah anak, sekolah sehat dan sekolah Adiwiyata dan implementasi Sekolah Ramah Anak yang erat hubungannya dengan sekolah sehat dan sekolah Adiwiyata. Rumusnya sederhana untuk membuat peserta didik nyaman di sekolah yang nomor 1 perlu dibenahi adalah kondisi lingkungan sekolah yang bersih, indah, sehat dan asri sebagaimana school brand SMPN 2 Karangnongko yaitu sekolah BISA ( bersih, indah, sehat, asri) sehingga anak merasa nyaman serasa di rumah sendiri. Dengan lingkungan yang nyaman, dan guru-guru yang friendly, ramah bersahabat dengan anak, para peserta didik akan terasa semakin nyaman dan senang. Jika lingkungan sekolah bisa menyenangkan pasti mereka merasa semangat untuk belajar. Para Warga sekolah yang welcome pada siapa saja mencerminkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

4

5


Esdukar tetap bersedia untuk berbagi ilmu... Share n grow together itu prinsip kami. Prinsip yang utama bagi kami adalah "Apa yang bisa kita beri untuk almamater kita, bukan apa yang bisa kita dapat" jadi, kita harus selalu bekerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas dalam menjalankan tugas kita sebagai pelayan masyarakat khususnya kepada para peserta didik kita. Menurut filosofi Ki Hajar Dewantara center utama pendidikan adalah murid. Kita harus bisa mendidik dengan hati dan bisa memberikan pendidikan yang berfokus pada pribadi-pribadi yang unik. Karena setiap pribadi itu memiliki keunikannya masing-masing. Dan kita sebagai guru harus bisa menfasilitasi mereka semua tanpa membeda-bedakan. Itulah prinsip sekolah ramah anak yang hakiki.

7

8

9

10

12

#esdukar_bisa_hebat
#esdukar_jaya