Umum

Persiapan Lomba Sekolah Sehat "Seluruh Warga SMP N 2 Karangnongko saling Gotong-Royong Menjaga Kebersihan Lingkungan"

14 October 2021

Lomba Sekolah Sehat dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2021. Sebagai rangkaian persiapan menghadapi lomba tersebut maka seluruh warga Esdukar bergotong royong bersama untuk memperbaiki maupun menambah fasilitas yang menunjang kesehatan seluruh warga sekolah maupun lingkungan sekolah. peserta didik juga dilibatkan dalam pemeliharaan lingkungan karena di SMP N 2 Karangnongko sendiri telah melaksanakan PTM ( Pembelajaran tatap Muka). peserta didik dilatih dan dibiasakan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

12

pemanfaatan barang bekas seperti galon bekas maupun limbah lain yang masih bisa dimaksimalkan manfaatnya. pemeliharaan kebun toga, lahan asuh, warung hidup, BUdikdakolponik, hidroponik dilakukan secara berkelanjutan. Penjaga kebersihan sekolah dibantu guru, karyawan dan siswa membantu merapikan pepohonan yang terlalu panjang dan kurang rapi.

34

56

kebersihan juga mencakup fasilitas drainase, sanitasi dan PHBS. mulai dari pembersihan saluran air, pemeliharaan biopori, penyediaan fasilitas cuci tangan, handsanitizer dan tissue. terlebih lagi SMP N 2 Karangnongko masih menghadapi pandemi Covid-19 fasilitas kebersihan sangatlah krusial bagi warga sekolah.

78

pembiasaan kebersihan diri senantiasa di perhatikan terutama pada peserta didik, guru selalu mengingatkan siswa agar menjaga kebersihan diri mulai dari kebersihan kuku, rambut, pakaian, sepatu dan bagian yang melekat pada diri siswa lainya. makanan yang dikonsumsi siswa juga diperhatikan. sekolah menyarankan untuk membawa bekal dari rumah karena lebih sehat dan terjaga kebersihanya.

diharapkan dengan adanya lomba sekolah sehat ini perilaku baik siswa tekait kesehatan dan kebersihan diri dan lingkunganya semakin meningkat.