Umum

HUT SMP N 2 KARANGNONGKO DAY-3 “Pementasan Ketoprak SMP N 2 Karangnongko dengan lakon Sunan Pandanaran, Asal Usul Desa Wedi, Menyisipkan Pesan untuk Menjaga Lingkungan dan Cinta Budaya”

17 February 2020

Puncak perayaan HUT SMP N 2 Karangnongko pada hari rabu, 29 Januari 2020 diakhiri dengan pementasan seni ketoprak. Pementasan ketoprak yang disajikan para siswa berjudul Sunan Pandanaran, Asal Usul desa Wedi. Lakon ketoprak tersebut sudah dipentaskan siswa Esdukar dalam lomba Festival Ketoprak Pelajar kabupaten Klaten pada bulan September tahun 2019. SMP N 2 Karangnogko mendapat juara harapan 1.

hut smp n 2 karangnongko pentaskan seni ketoprak

Para tamu undangan yang terdiri dari kepala dinas pendidikan dewan seni,  bapak camat, lurah, kapolsek dan koramil serta para wali siswa menikmati pementasan yang kaya akan makna. Kisah dalam lakon ketoprak tersebut mengajarkan kita untuk saling berbagi dan tidak semena-mena dengan orang yang lebih lemah. Disela-sela ketoprak terdapat bagian dagelan atau komedi. Walaupun pada bagian dagela tersebut sangat lucu namun tetap menyispkan makna untuk melestarikan budaya dan menjaga lingkungan sekitar kita.

Dengan adanya pementasan ketoprak ini warga sekolah berharap untuk meningkatkan kesadaran dan actionnya dalam melestarikan budaya jawa dan memberikan pesan moral kepada masyarakat untuk mejaga dan melestarikan lingkungan sesuai dengn prisip sekolah adiwiyata.